20090126

Pemilahan Genre Musik

Buat kawan-kawan yang suka musik dengan estetikanya sebaiknya tidak memilah genre musik yang menjadi fanatisme selera sesaat kawan-kawan bisa menikmati semua jenis musik dengan tanpa menghiraukan genre musik tertentu... Sadarlah bahwa membuat sebuah komposisi itu tak semudah membalik telapan tangan makanya cintailah semua genre musik yang hadir di dunia ini sebagai suatu karya estetis yang besar.

Gwe yakin kita sama-sama awam tentang batasan-batasan genre musik tertentu, sebagai contoh apa batasan lagu pop, pop rock clasic, pop alternatif, alternatif rock, dsb. maksud gwe batasannya nyaris tidak signifikan antara genre yang satu dengan lainnya, yang terpenting adalah bagaimana sebuah karya itu bisa dihormati dan dinikmati baik segi estetikanya maupun fungsinya. Pemilah genre musik yang ada ternyata hanyalah sebuah egoisme emosional yang kurang berasalan, karena merasa masih muda, merasa sudah tua, merasa sedang "in", merasa sedang era-nya, merasa paling disuka, merasa paling mengena, merasa paling gwe banget, dst.

Sungguh bukan alasan yang salah juga akan tetapi alasan yang tidak bertanggungjawab dan alasan sesaat yang tidak berkata tapi tidak berpikir jauh kedepan dan mengenang masa yang sudah lampau. Tidak bijak giut loh!! So, sukailah, cintailah, semua genre musik yang hadir di tengah-tengah kita suaikan semuanya dengan kebutuhan pasti asik-asik aja tuh bermusikria, apalagi hanya sebagai penikmat yang tidak pernah berpikir rumitnya menyusun sebuah komposisi agar dapat dinikmati massa-nya. Celakanya para penjaja seni hanya berpikir pasar tanpa memikirkan kualitas karya secara estetis akhirnya pada suatu periode tertentu bergelimpangan karya dengan kualitas sesaat, yang kemudian berserakan bangkai karya dimana-mana.

Eit stop jangan emosi dulu kalau mau membuat opini tentang tulisan ini atau apapun...Ayooo kita mulai menulis, berkarya dengan seperti ini kan lumayan melatih keberanian untuk menulis. Tong sieun dicarekan batur, siun mah oleh kelakuan kita yang tak bermartabat sehingga menjadikan Tuhan kita murka maka neraka menganga menanti hadirnya dirimu disana....

Tidak ada komentar: